SELAMAT DATANG DI SAMPOERNA ACADEMY SMAN 10 MALANG

Jl. Danau Grati No. 1 Malang Telp./Fax 0341-719300,717300, JAWA TIMUR - INDONESIA

Komitmen Bersama untuk meningkatkan "Perpustakaan Sebagai Pusat Ilmu dan Kreativitas" DIGITAL LIBRARY: MALANG KOTA PENDIDIKAN (SBI SMAN 10 MALANG)

Senin, 20 April 2009

MALANG KOTA PENDIDIKAN (SBI SMAN 10 MALANG)



Dengan keunggulan posisi geografisnya yang membuat kota ini sejuk, murahnya biaya hidup, banyaknya instansi pendidikan, membuat Kota Malang menjadi target pelajar seluruh Indonesia untuk mengais ilmu.

Tren ini sudah mulai terlihat sejak 2002. Karena itu, tak salah bila pembangunan kota yang terkenal dengan apelnya ini diarahkan menjadi Kota Pelajar dan Kota Pendidikan.

Demikian dijelaskan Drs. H. Shofwan S.H, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang saat menandatangani MOU program sekolah bertaraf internasional Berasrama dengan Sampoerna Foundation di Jakarta Selatan, Rabu (25/2).

"Geografis malang cenderung sejuk, sarana pendidikan memadai, biaya hidup murah jadi incaran pelajar. Selain itu, jumlah institusi pendidikannya yang banyak. Ini sesuai tekat kota Malang menjadikan kota pendidikan," katanya.

Parameter yang sangat mempengaruhi, menurut Shofawan adalah banyaknya jumlah institusi pendidikan, yakni 43 Perguruan Tinggi Swasta mencapai 43 buah, dan 3 PT Negeri. Sementara jumlah SMA Negeri mencapai 10, 12 SMK Negeri, 24 SLTP, dan 285 SD. "Saat ini terdapat 200 ribu mahasiswa dan 162 pelajar," tambahnya.

Berbagai terobosan pun dilakukan Pemerintahan Kabupaten Malang, salah satunya bekerja sama dengan lembaga-lembaga pemberi beasiswa baik asing ataupun dalam negeri. Sasarannya adalah menggiring sekolah-sekolah agar berstandar internasional atau SBI. Salah satu sekolah yang menjadi pilot project program SBI ini adalah SMA Negeri 10 Malang.

"Kami melihat SMA 10 memiliki potensi untuk dikembangkan, meski terletak di pinggiran. Ada kemauan dari elemen sekolah tersebut untuk maju, baik guru, murid dan juga kepala sekolahnya," jelas Shofwan.

"Saya harap pilot project SMA 10 ini bisa menjadikan acuan kepada kota-kota se-JawaTimur dalam konsep SBI," harap Shofwan.

"Pengembangan SBI sesuai Peraturan Pemerintah Pasal 19 No 25, memiliki 8 standar diantaranya 30% tenaga pendidik S2, sarana prasarana memadai, standart pengelolaan, dan adanya evaluasi pendidikan secara periodik, berbasis IT, bilingual language," tambah Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Jatim, Drs. H. Rasiyo, Msi.

12 komentar:

  1. SMAN 10 Malang memang layak untuk dijadikan tempat mengejar cita - cita,sebuah tempat yang menjadi sasaran dan incaran banyak pelajar,semoga saya beruntung dapat menjadi salah satu diantaranya,,

    BalasHapus
  2. SMAN 10 Malang layak untuk dijadikan tempat mengejar cita-cita. Apalagi jika bisa dijadikan tempat untuk mengembangkan potensi orang malang yang tidak tersalurkan, karena tampaknya siswanya banyak yang tidak dari kot malang. Nah saya termasuk orang malang yang memang masih malang(prayogaa@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  3. saya ingin mengetahui lebih dalam tentang sman 10 malang.tolong kirim data tentang biaya yang akan dibayar selama masuk di situ ke laila_mas@ymail.com

    BalasHapus
  4. Saya ingin mengetahui berapa biaya yang akan di bayar pada saat masuk di sma 10 malang,seperti biaya spp dan uang gedung/ yang lainya.tolong beritahu saya ke dwikurnia35@yahoo.com

    BalasHapus
  5. saya sangat kagum sekali dengan aman 10 malang walaupun saya sendiri bukan orang malang dan masih duduk di kelas 2 smp tapi saya sngat ingin sekali masuk ke sman 10 malang .

    BalasHapus
  6. kalo mau daftar tapi tidak lewat jalur beasiswa gimana???
    daftarnya dimana???

    BalasHapus
  7. saya ingin sekali masuk ke SMAN 10 Malang,, selain fasilitas dan kualitasnya terjamin,, disana bisa mengembangkan bakat dan bisa menjadikan tempat untuk mengejar cita-cita...
    saya sangat kagum dengan SMAN 10 malang...
    kira- kira berapa biaya yang jika nantinya kita masuk sana..??
    tolong kirim ke dhe_chilitrie@yahoo.com

    BalasHapus
  8. saya pengen tahu tentang sman 10 lengkap dengan kegiatan2 ekstrakurikuler dan kurikulum yg di pake'skul tolong kirim ke email: fresty_taurus@yahoo.com ya makacihhhh

    BalasHapus
  9. SMA 10 MALANG IS THE BEST,,,,
    pilihan terbaik dalam hidup,buat kamu-kamu pelajar yang milih nglanjutin sekolah in here..
    i hope, Q bisa ditrima di SMAN 10 MALANG ini, lewat program beasiswa SAMPOERNA gitu lochhhh.....

    BalasHapus
  10. untuk program reguler sman 10 malang baik on line atau mandiri (SBI), pendaftarannya kapan dan berapa biayanya...???

    BalasHapus
  11. SMA 10 Malang memang impian saya sejak dulu
    smoga saya bisa menjadi bagian dari SMA 10 ini dengan menjadi salah satu siswanya
    aamiin :)

    BalasHapus
  12. kami ingin memasukkan putri kami ke sman 10, agar dpt lebih mengarahkan dan meyakinkan putri, mohon dikirim tentang sman 10 lengkap dengan kegiatan2 ekstrakurikuler dan kurikulum yg di pakai ke email: norien_tf@yahoo.com terima kasih

    BalasHapus